Teknologi WiMAX

Sekilas tentang teknologi WiMAX

WiMAX adalah teknologi wireless atau nirkabel yang berkecepatan akses tinggi (sampai 70MBps) dengan jangkauan yang luas. Singkatan dari istilah WiMAX sendiri adalah worldwide interperability for microwave access.
Di negara Indonesia sendiri teknologi WiMAX masih dalam proses pengembangan menuju komersialisai.Sedangkan untuk negara maju seperti Amerika serikat teknologi WiMAX sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Tercatat paling tidak tujuh operator telekomunikasi di Amerika yang telah memasarkan WiMAX, di antaranya adalah Sprint, Clearwire, Alvarion, Magticom, Digital Bridge Communications (DBC), Globalstar dan Open Range Communication. Keseluruhan operator tersebut mengoperasikan WiMAX di frekuensi 3,5 GHz, yang memiliki kecepatan 2 hingga 6Mbps. Dengan kecepatan serta besaran data yang cukup besar, teknologi WiMAX dipergunakan untuk berbagai kepentingan, seperti bisnis, pendidikan, kesehatan, serta layanan online.
Teknologi WiMAX di Indonesia sudah dipakai sebagai penyedia solusi layanan akses internet pasca tsunami di Aceh. Akibat tsunami, praktis sebagian besar infrastruktur kabel telekomunikasi di pantai barat Aceh mengalami kerusakan. Solusi yang paling mungkin adalah menggunakan infrastruktur nirkabel.
Sekian sebuah artikel singkat tentang teknologi WiMAX semoga bermanfaat dan semoga teknologi ini dapat menjadi sebuah realisasi di negara Indonesia dan dapat menjadi solusi dalam mengatasi minimnya akses jaringan internet didaerah – daerah terpencil Indonesia agar bisa melihat dunia lebih luas lagi.

0 komentar:

Posting Komentar