Perbandingan REPEATER,HUB,SWITCH,BRIDGE,dan ROUTER

REPEATER

Repeater (pengulang) ialah alat dari suatu jaringan yang ada dalam sebuah topologi jaringan lokal yang digunakan untuk menguatkan sinyal.Biasanya digunakan untuk transmisi data jarak jauh.Sinyalnya bisa brupa sinyal digital maupun analog. Repeater diperlukan karena misalnya sebuah Ethernet Card hanya mampu untuk menjangkau sampai jarak tertentu saja.Cara kerjanya Repeater akan meneruskan dengan menguatkan sinyalnya untuk mendukung integritas data yang dilewatkan tersebut.

HUB

Hub merupakan suatu device komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer yang ada di dalam sebuah topologi jaringan lokal, semua jenis transfering harus melalui alat ini. hub digunakan untuk sebuah bentuk topologi jaringan yang sederhana (misalnya sekedar untuk mengkoneksikan beberapa buah PC di satu group IP lokal).alat ini mempunyai keterbatasan koneksi yaitu 10 amapai 16 koneksi.

SWITCH

Switch adalah Sebuah device yang memfiltrat dan melewatkan paket yang ada di sebuah topologi jaringan lokal. switcher bekerja pada layer referensi OSI Layer Model, yaitu pada data link (layer 2) dan terkadang pada network (layer 3). sehingga memungkinkan brefungsi untuk paket protokol apapun. Topologi jaringan lokal yang memakai device jenis ini untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN.

Fungsi switch tak jauh berbeda dengan Hub, namun switch memiliki kemampuan untuk mengetahui alamat komputer yang akan dihubungkan. Pastinya switch lebih terproteksi dan lebih efisien. Ketika Switch yang sama mampu mengendalikan lebih dari satu koneksi. Tentunya dengan kelebihan seperti ini cost switch akan lebih mahal dari pada harga hub.

BRIDGE

Bridge merupakan device yang berfungsi untuk meningkatkan operasi jaringan karena dapat mengatur trafik jaringan dalam segmen yang kecil. Bridge memanage (melalui filtering atau forwarding) frame data per segmen, maka jika w/s 1 handak melakukan transfering data ke w/s 2, frame tidak akan diteruskan (forward) ke segmen 2. Hal ini membuat beban jalur setiap segmen menjadi optimal, dan overhead traffic pada setiap segmen dapat diperkecil.

ROUTER
Cara kerja Router serupa dengan switch maupun bridge. Perbedaannya, router menyaring (filter) lalu lintas data. Filtrasi dilakukan tidak denagn melihat alamat paket data, namun dengan memakai protokol tertentu. Sebuah IP router dapat sharing jaringan menjadi beberapa subnet akhirnya hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang dapat menghubung dari satu segmen ke segmen lain.

0 komentar:

Posting Komentar